Saturday, March 10, 2012

Affiliasi Marketing

Dalam sebuah dunia bisnis online sering terdengar istilah Affiliate marketing. Affiliate marketing adalah sebuah cara mendapatkan penghasilan dari sebuah kerjasama anatara merchant dan affiliate marketer melalui network marketing. Merchant itu sendiri merupakan suatu perusahaan yang memiliki produk atau jasa untuk dijual. Bisnis ini merupakan salah satu bagian dari e-commers.
                Affiliate marketing termasuk sebuah program mlm marketing bisnis internet terbesar, karena diperkirakan uang yang beredar sekisar sampai 15 juta dollar lebih setiap tahunya.
Affilate sendiri mempunyai cirinya, yaitu :
·         Affiliate adalah orang yang bekerja memasarkan produk barang atau jasa beberapa perusahaan sekaligus. Tidak di gaji hanya mendapatkan komisi dari hasil penjualan
·         Affiliate tidak memiliki kontrak kerja dan target penjualan yang harus diraih dengan perusaahan yang mengujinya
·         Affiliate tidak terkait pada satu perusaahan, hanya di perkenankan menjual produk dari berbagai perusaahan

1.       Pay Per Sale (PPS)
Dimana pihak merchant (penjual) memberikan komisi atas setiap satu barang atau jasa yang berhasil dijual atas rekomendasi anda. PPS merupakan affiliate marketing yang paling digemari, karena komisi yang didapatkan cukup besar, mengingat menjual suatu produk merupakan hal yang cukup sulit.

Contoh yang populer saat ini :
·         Amazon.com
·         Ebay.com
·         Clickbank.com
·         Affilatebot.com
·         Hostgator.com (web hosting)
Secara umum cara kerja di situs pay per sale adalah anda akan mendapat url produk yang akan akan anda jual, selanjutnya anda menyebarkan url tersebut melalui berbagai media. Jika ada produk yang berhasil terjual melalui url tersebut, maka anda akan mendapat komisi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
2.       Pay Per Lead (PPL)
Anda  akan dibayar jika anda bisa mengarahkan pengajak dan pengunjung mendaftar di suatu website, atau mengisi formulir pembelian walau tiadak ada transaksi jual-beli. Contoh dalam dunia nyata PPL sama dengan agen kartu kredit.
Cakupan PPL ini sangat luas di antaranya pada situs e-currency seperti :
·         Paypal.com
·         Alertpay.com
Situs paid to click (PTC)
·         Neobux.com
·         Idr-clickit.com
Situs khusus payperlead
·         Away.com
·         Clickwave.com
·         Onresponse.com

3.       Pay Per Click
Merupakan sumber penghasilan utama untuk sebagian besar blog saat ini. Dalam PPC, member akan mendapatkan bayaran  apabila pengunjung melihat website atau blog milik merchant melakukan klik pada iklan dari mercjant tersebut. Iklan PPC ini muncul pada website yang berupa banner atau pun berupa text.

Layanan di PPC yaitu adsense dari google dan yang terkenal antara lain bidvertiser.com, adbrite.com dan chitika.com.



Terimakasih:
http://belajarbisnisonline-gratis.blogspot.com/2010/07/affiliate-marketing.html
http://www.anneahira.com/affiliate-marketing-9483.htm
http://www.53x.biz/2011/04/apa-itu-affiliate-marketing.html


0 komentar:

image

Lorem ipsum dolor sit

Aliquam sit amet urna quis quam ornare pretium. Cras pellentesque interdum nibh non tristique. Pellentesque et velit non urna auctor porttitor.

image

Nunc dignissim accumsan

Vestibulum pretium convallis diam sit amet vestibulum. Etiam non est eget leo luctus bibendum. Integer pretium, odio at scelerisque congue.