Saturday, March 3, 2012

E-Business


E-Business adalah penggunaan teknologi informasi untuk memudahkan proses bisnis, melakukan e-commerce, dan menyediakan kerjasama untuk mendukung komunikasi perusahaan.
                E-Busness (Elektronic Business, berasal dari terminologi serupa dengan e-mail dan e-commerce) adalah melakukan bisnis pada internet
                Dalam pengertian yang paling sederhana,
e-business : penggunaan teknologi internet untuk meningkatkan dan mengubah bentuk proses bisnis  utama.
e-commerce : terdiri dari penggunaan sistem berdasarkan informasi elektronik untuk terlibat dalam transaksi atau pedagangan online.
Faktor – Faktor Penggerak E-Business
Perkembangan implementasi konsep dasar e-business di sebuah industri atau negara sangat ditentukan oleh dasar faktor dari luar. Ada empat faktor desakan yang saling berkonvergensi satu dengan lainya yang secara signifikan akan menentukan percepatan implementasi konsep e-business,
1.       Costomer Expectation
Paradigma baru menekankan pentingnya pelanggan ditempatkan sebagai titik awal atau acuan dari penyusunan konsep bisnis sebuah perusahaan.

2.       Competitive Imperative
Pelanggan akan dengan mudahnya membanding-bandingkan kualitas produk dan pelayanan antarperusaahn dari hari ke hari. Dengan prinsip selalu mencari yang murah, lebij baik, dan lebih cepat, maka secara tidak langsung perusahaan dipaksa untuk menyusun dan mengembangkan sebuah model dan strategi bisnis yang tepat.
3.       Deregulation
Harus diakui bahwa secara makro deregulasi yang dilakukan oleh pemerintah maupun negara-negara lai  telah turut mewarnai bentuk dunia usaha di massa mendatang, terutama yang berkaitan dengan konsep perdagangan bebas antarnegara dan industri, sehingga ditiadakannya pajak dan dibebaskannya kuota ekspor, yang akan tentu saja memaksa lingkungan usaha menjadi lebih efisien dari masa ke masa.
4.       Technology
Fungsi teknologi informasi tidak hanya kritikal bagi peerkembangan e-business, tetapi justru telah menjadi penggerak dari dimungkinkanya pengembangan model-model bisnis baru yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Referensi
·                Simarmata, J., 2005., ”Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi”, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

0 komentar:

image

Lorem ipsum dolor sit

Aliquam sit amet urna quis quam ornare pretium. Cras pellentesque interdum nibh non tristique. Pellentesque et velit non urna auctor porttitor.

image

Nunc dignissim accumsan

Vestibulum pretium convallis diam sit amet vestibulum. Etiam non est eget leo luctus bibendum. Integer pretium, odio at scelerisque congue.